Now Reading
Begini Cara Mengisi Daya Jam Tangan Solar yang Tepat

Begini Cara Mengisi Daya Jam Tangan Solar yang Tepat

Urban Icon Team

Menerapkan gaya hidup sustainable living boleh dibilang sekarang mudah banget. Jam tangan saja sudah hadir dengan konsep ramah lingkungan, seperti jam tangan solar. Sesuai namanya, jam tangan solar bekerja dengan energi tenaga surya. Sehingga kamu nggak perlu ganti baterai karena daya jam tangan otomatis akan terisi saat terekspos cahaya, baik itu cahaya matahari maupun cahaya lampu (artifisial). Meski praktis dan tergolong low maintenance, jam tangan solar power juga perlu perhatian. Kamu harus tahu cara tepat mengisi daya jam tangan solar yang baik supaya ia dapat bekerja optimal lebih lama.

Cara Kerja Jam Tangan Solar

Sebelum membahas cara mengisi daya jam tangan solar, ada baiknya tahu dulu cara kerja jam tangan bertenaga surya ini. Pada dasarnya, jam tangan solar bekerja dengan mengubah energi cahaya menjadi energi listrik. Secara teknis, cahaya diserap solar cell (panel surya) yang berada di belakang dial. Di situlah cahaya diubah jadi energi listrik yang kemudian disimpan di baterai dan digunakan untuk menggerakkan jam.

Baterai yang digunakan jam tangan solar adalah baterai isi ulang. Tidak seperti baterai sekali pakai, baterai isi ulang adalah jenis baterai ramah lingkungan. Bisa dipakai dalam waktu lama, dengan pengisian dan pemakaian daya berulang kali. Dan harus diakui, jam tangan solar juga lebih hemat karena kita nggak perlu bolak-balik ganti baterai. Saatnya upgrade jam tangan dengan solar powered!

Cara Tepat Mengisi Daya Jam Tangan Solar

Letakkan Dekat Jendela atau Sumber Cahaya Matahari

Untuk mengisi ulang daya jam tangan solar, kamu perlu mengeksposnya ke cahaya. Perlu dicatat, cahaya ruangan lebih lemah dibanding cahaya matahari, sehingga butuh waktu lama hingga baterai terisi. Itulah kenapa lebih baik letakkan jam tangan kamu di dekat jendela agar terpapar sinar matahari. Letakkan dengan posisi dial mengarah ke cahaya. Tapi pastikan jam tangan kamu nggak kepanasan sampai suhunya naik, ya!

Gunakan Cahaya Artifisial Saat Hujan atau Mendung

Saat mendung, nggak banyak cahaya matahari yang muncul. Tapi kamu masih bisa mengisi daya jam tangan solar dengan menghadapkan dialnya ke arah cahaya matahari, kok. Namun, misal saja hari benar-benar sedang gelap karena hujan atau badai, kamu bisa gunakan cahaya buatan, seperti lampu LED untuk ruangan.

Lampu LED (termasuk senter LED yang bekerja dengan baterai) dapat memproduksi cahaya UV yang cukup untuk mengisi daya jam tangan solar. Cukup letakkan jam tangan 50 cm dari lampu. Meski mengisi daya dengan cahaya buatan butuh waktu lebih lama dibanding dengan cahaya matahari, setidaknya ini membantu baterai jam tangan kamu tetap terisi.

Lalu, bagaimana dengan lampu ruangan biasa? Tetap bisa, kok. Hanya saja nggak terlalu disarankan. Lampu ruangan biasa (lampu bohlam) memproduksi sangat sedikit sinar UV, sehingga nggak cukup untuk mengisi daya jam tangan solar. Makanya, butuh waktu yang sangat lama untuk recharge baterai jam tangan solar menggunakan lampu ruangan biasa.

Hindari Ruang Gelap

Jam tangan solar nggak akan terisi dayanya saat berada di ruang gelap atau minim cahaya. Kalaupun berada di ruang gelap dan kebetulan energinya habis, jam tangan kamu bisa berhenti bekerja, lho. Sebaiknya hindari lengan baju menutupi jam tangan solar saat dipakai. Juga hindari menyimpannya di tempat tertutup dalam waktu lama. Ingat untuk selalu menaruhnya di tempat yang terpapar cahaya saat nggak memakainya.

Perawatan Baterai Jam Tangan Solar

Kalau kamu bertanya, “Berapa lama daya tahan baterai jam tangan solar?”, jawabannya: satu dekade! Dilansir dari Walking Solar, jam tangan solar modern didesain agar tahan hingga 10 tahun. Memang nggak ada yang abadi di dunia ini, termasuk baterai jam tangan. Meski terbilang tahan lama, bagaimanapun baterai jam tangan solar perlu diganti 10 tahun sekali untuk menghindari kebocoran bahan kimia dari baterai yang bisa merusak fungsi inti jam. Setidaknya lebih baik daripada ganti baterai setiap tahun. Don’t you agree?

Tapi kamu juga perlu tahu. Kapasitas pengisian baterai jam tangan solar bisa saja menurun karena berbagai alasan, seperti pemakaian jangka panjang dan penggunaan. Bagian mekanis yang aus, terkontaminasi, dan penurunan oli juga bisa mengakibatkan penurunan kemampuan isi ulang baterai. Jadi, penting membawanya ke tempat service seperti Watch Care Service Centre setiap 4-5 tahun sekali agar jam tangan selalu berfungsi dengan baik dan bisa dipakai untuk waktu yang lama.

Rekomendasi Jam Tangan Solar Stylish dan Minimalis

Jam tangan solar adalah inovasi keren. Memanfaatkan tenaga surya untuk menggerakkan jam tangan dan bisa dipakai untuk waktu lama. Sangat ramah lingkungan, dan pastinya ramah di kantong (karena nggak perlu berulang kali ganti baterai). Ini saatnya mengganti jam tangan lama kamu dengan jam tangan solar. Ini tiga jam tangan solar yang siap buat gayamu jadi makin keren dan stylish.

Metro Dot-Print Solar Powered White Leather Watch

See Also

Jam tangan manis dan minimalis, dengan warna putih bermotif polkadot hitam menggemaskan. Stylish dipakai ke kantor, menikmati akhir pekan, hingga tampil lebih menarik di pesta.

Rip Curl Drake Solar Watch

Cowok pecinta minimalist modern aesthetic pasti jatuh hati dengan jam tangan hitam ini. Case yang clean, strap kulit, dan desain klasik membuat jam tangan tahan air ini juga terlihat stylish di luar air.

Rip Curl Latch Solar Watch

Jam tangan yang tampilannya ramping, simple, tapi mencuri perhatian dengan warnanya yang lembut, sempurna buat kamu si minimalis bergaya feminin. Bisa kamu pakai berenang di permukaan dan snorkelling, lho.

Dapatkan jam tangan solar favoritmu di Urban Icon store.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2022 Urban Icon. All Rights reserved. | Sitemap

Scroll To Top

MAU DAPET ADDITIONAL

DISKON 10% ALL ITEM? 

BURUAN SIGN UP SEKARANG BUAT DAPETIN DISKONNYA DAN INFO TERBARU DARI URBAN ICON

Close

DAPATKAN KODE VOUCHERNYA