Now Reading
8 Cara Mudah Memperbaiki Resleting Rusak dan Macet di Rumah

8 Cara Mudah Memperbaiki Resleting Rusak dan Macet di Rumah

Urban Icon Team

Tahu cara memperbaiki resleting mungkin salah satu trik fashion yang wajib kita pelajari. Soalnya hampir semua barang di lemari, mulai dari baju, celana, jaket, hingga tas punya setidaknya satu resleting. Sayangnya, terkadang pemakaian resleting nggak selalu mulus. Kamu juga pasti sering menemui resleting macet, kan? Supaya nggak makin rusak karena ditarik paksa, ini cara memperbaiki resleting macet yang mudah dan praktis diikuti. Bahkan bisa dilakukan dengan barang simple di rumah! Let’s check them out.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Tas Couple Ibu Anak untuk Tampil Kompak dan Stylish

Cara Memperbaiki Resleting Macet

  1. Gunakan Tweezer

Pertama, cek dulu apakah ada sesuatu yang buat resleting terhambat sehingga nggak bisa dibuka-tutup. Misal, ada benang atau tepi kain. Kalau memang ada, singkirkan. Kalau perlu, gunakan bantuan tweezer atau pinset untuk menariknya dari gigi resleting.

  1. Gunakan Pensil

Kalau resleting masih macet, you might need to give it a little extra help. Gunakan pensil lalu mulailah menggosokkan pensil pada sepanjang gigi resleting. Grafit pada pensil berfungsi sebagai “pelumas”, menjadikan resleting sedikit licin sehingga lebih mudah dinaik-turunkan.

  1. Coba Pakai Vaseline

If the pencil doesn’t work, dan kamu khawatir bisa meninggalkan bekas noda, coba pakai Vaseline – beauty balm yang pasti kamu punya di rumah. Gunakan cotton bud untuk mengambil sedikit Vaseline, lalu usapkan pada gigi resleting yang dekat dengan kepalanya. Tekstur jelly Vaseline yang buttery di sini berguna membantu menyingkirkan benda kecil atau kotoran yang menyangkut di resleting.

  1. Gunakan Lilin atau Sabun Batangan

Gigi resleting mungkin sedikit karatan sehingga macet saat digerakkan. Kalau kasusnya begini, coba gosokkan lilin atau sabun batangan di sepanjang resleting, lalu gerakkan resleting secara perlahan. Cara ini paling banyak dilakukan orang-orang dan terbukti efektif, lho.

Cara Memperbaiki Resleting Rusak

  1. Gunakan Tang

Kalau kepala resleting selalu jatuh melorot, kemungkinannya ada dua: gigi resleting sudah aus sehingga nggak sejajar atau kepala resleting sudah kendor. Solusinya adalah menggunakan tang untuk membengkokkan gigi resleting kembali pada tempatnya. Cara ini juga bisa untuk mengencangkan gigitan kepala resleting. Tekan kepala resleting sedikit demi sedikit, lalu gerakkan resleting hingga tertutup rapat.

  1. Coba Pakai Cat Kuku

Kalau gigi resleting aus dan menipis karena pemakaian lama, trik yang bisa kamu lakukan adalah melapisinya dengan cat kuku transparan. Cara ini efektif menebalkan gigi resleting, lho. Tapi kalau ternyata zipper belum bisa tertutup setelah lapisan pertama, mungkin kamu perlu melapisinya satu atau dua kali lagi. Sedikit catatan: pastikan kamu punya waktu menunggu cat kuku kering sebelum melanjutkan ke lapisan berikutnya.

Cara Cepat Mengatasi Resleting Rusak

  1. Gunakan Garpu untuk Kembalikan Posisi Kepala Resleting

See Also
aktivitas di rumah

Nggak punya banyak waktu memperbaiki resleting yang mendadak macet dan rusak? Nggak masalah. Ada trik cepat untuk mengatasinya. Salah satunya dengan memanfaatkan garpu. Gunakan untuk mengembalikan kepala resleting yang copot. Caranya adalah menempatkan penggeser resleting pada dua ujung gigi menggunakan dua gigi tengah garpu. Setelah terkunci, baru deh penggeser resleting bisa terpasang sempurna pada ujung resleting.

  1. Gunakan Paper Clip / Penjepit Kertas

Trik cepat lain yang bisa kamu lakukan saat dihadapkan dengan puller (pegangan) resleting yang copot adalah memanfaatkan paper clip. Yup, penjepit kertas yang kecil itu bisa dengan mudah disangkutkan ke lubang slider (penggeser). Jadikan sebagai puller pengganti untuk menaik-turunkan resleting.

Resleting macet dan rusak from too much use, yup it happens! Tapi seharusnya nggak masalah kalau kita tahu cara memperbaikinya dengan trik-trik di atas. Drama resleting rusak pun sebenarnya bisa dihindari, kok. That’s why, penting memilih kualitas resleting yang baik, terutama pada tas yang kamu bawa setiap hari. Karena zipper closure pada tas berguna banget untuk security – menjaga barang bawaanmu nggak jatuh keluar.

Apapun model tas yang kamu suka, baik itu shoulder bag, satchel, crossbody, atau backpack, pastikan punya kualitas terbaik, termasuk pada resletingnya. Sehingga kamu nggak perlu berhadapan dengan masalah resleting tas yang rusak dan macet. Hidup jadi lebih mudah, kan? Soal tas yang bagus, kamu bisa pilih tas Fossil Carlie Satchel. Tas selempang ini punya bahkan punya dua zipper to keep your essentials secure. Juga pastinya memudahkanmu membuka dan menutup tas.

Buat yang suka backpack, tas Fjallraven Kanken Backpack juga punya resleting yang nggak akan menyusahkanmu. Tas ransel populer ini memang punya kualitas terbaik. Nggak cuma dari material Vinylon F yang awet dan tahan banting, tapi juga zipper yang kokoh. Sehingga mau dipakai lama pun nggak akan rusak. Yang penting kamu nggak menarik resleting terlalu kencang. Karena cara terbaik mencegah resleting rusak adalah by making sure you don’t use too much force to fasten it.

Dapatkan tas Fossil dan Fjallraven terbaik favoritmu hanya di Urban Icon online dan offline store.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2022 Urban Icon. All Rights reserved. | Sitemap

Scroll To Top

MAU DAPET ADDITIONAL

DISKON 10% ALL ITEM? 

BURUAN SIGN UP SEKARANG BUAT DAPETIN DISKONNYA DAN INFO TERBARU DARI URBAN ICON

Close

DAPATKAN KODE VOUCHERNYA